ibu membersihkan ruangan
Tips and Trick

Mengatasi Kehadiran Tungau di Rumah

Tungau adalah serangga kecil yang cukup sulit untuk ditemukan. Serangga ini sangat suka menggigit dan diditannya akan memberikan sensasi gatal, hingga iritasi pada kulit. Keberadaan Tungau di Rumah sangatlah mengganggu karena dapat dengan mudah berkembang biak di ragam lingkungan apalagi jika area sekitarnya memiliki suhu 21-26°C. Kutu ini bereproduksi dengan cara bertelur dan sang betina akan berkeliling untuk mencari darah sebagai sumber makanannya.

Berikut ini terdapat beberapa akibat gigitan tungau mulai dari yang paling umum hingga serius:

  1. Gatal dan Alergi

Tungau atau kutu di Kasur ini akan menyebabkan rasa gatal di area kulit yang ia gigit. Berbeda dengan nyamuk, tungau akan menggigit beberapa titik sekaligus sehingga kita akan merasakan rasa gatal di beberapa titik atau beberapa bagian tubuh. Ciri fisik yang umum terlihat adalah ruam merah pada kult yang disebabkan oleh kotoran tungau.

  1. Mengurangi tingkat kualitas tidur

Umumnya, tungau akan mulai “beraksi” saat orang tersebut tertidur. Hal ini akan secara perlahan mengganggu tidur anda. Ketika terkena gigitannya akan timbul rasa gatal dan rasa terbakar yang mungkin saja mengganggu anda dan membuat anda terbangun karenanya. Jika hal ini terus berlanjut apalagi jumlah kutu yang semakin banyak, maka bisa saja mengakibatkan stres.

Baca Juga: Membentuk Dekorasi Dapur Sempit? Tidak Sulit!

  1. Memicu Masalah Pernapasan

Kualitas udara yang buruk akan membuat pernapasan terganggu. Debu dan kotoran tungau sangatlah berbahaya karena bisa saja terhisap saat bernapas. Sebagai efeknya bisa saja membuat anda terkena pilek hingga kesulitan bernapas.

  1. Memicu Penyakit Asma

Paling parah adalah kehadiran tungau lewat kotorannya akan berpotensi membuat asma kambuh. Penyakit asma akan membuat penderitanya menjadi kesulitan saat bernapas. Jika tungau tidak segera dibasmi, maka kotoran tersebut akan terhirup dan mengakibatkan dampak serius bagi mereka yang sensitif tentang pernapasan.

Mengatasi Kehadiran Tungau

Keberadaan tungau di rumah pasti sangatlah merepotkan karena ulahnya. Oleh karena itu tungau perlu untuk segera diatasi. Berikut adalah beberapa cara menghilangkan tungau baik dengan bahan kimia maupun alami.

1. Mempersiapkan Segala Hal

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan membersihkan barang-barang tempat tungau mungkin bersarang seperti seprai, mainan Si Kecil, karpet atau ujung dan celah kasur. Beberapa benda juga mungkin menjadi tempat tungau bersembunyi, pastikan benda-benda yang masih berantakan dapat segera dibersihkan dan dirapikan. Untuk media pembersih sendiri anda dapat memilih untuk menggunakan produk pembasmi serangga yang berada di pasaran atau mencuci secara manual.

2. Proses Membasmi Tungau

Jika tidak memilih untuk menggunakan produk yang ada di pasaran, cara termudah adalah dengan menggunakan suhu tinggi atau sangat dingin. Caranya yaitu dengan;

  • Mencuci atribut tadi dengan air panas selama 40 menit lalu keringkan dengan suhu panas juga selama 30 menit.
  • Menjemur kasur di bawah panas matahari dengan durasi 3 jam  sambil membunuh tungau yang nampak secara langsung.
  • Untuk suhu dingin, masukan kantong berisi perlengkapan yang terinfeksi kutu busuk tadi ke dalam freezer atau air yang sangat dingin. Jika menaruh ke dalam freezer, diamkan selama seminggu.

3. Selalu Mengawasi Perkembangannya

Tungau adalah serangga yang pintar dalam bersembunyi. Karena inilah membasmi tungau membutuhkan waktu yang panjang dan konsentrasi untuk memastikan tidak ada tungau yang tersisa karena bisa saja tungau tersebut akan berpindah tempat tanpa terlihat. Jika ia dapat berpindah, Tungau di Rumah bukan tidak mungkin semakin sulit untuk diatasi.

Nah setelah memahami pergerakan tungau, anda dapat langsung bersiap untuk membasminya dengan langkah-langkah tadi. Sebagai bentuk pencegahan, pastikan selalu untuk rajin memberihkan perlengkapan yang dekat dengan kita khususnya benda yang memiliki busa karena akan menjadi sarang kesukaan tungau. -KJ

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.