Buat Homies pecinta kopi wajib tahu hal ini. Ternyata Homies bisa memanfaatkan ampas kopi untuk tanaman, selain dipakai buat menghilangkan bau tak sedap dan bahan skin care alami. Ampas kopi mengandung nutrisi yang bagus untuk pertumbuhan tanaman seperti nitrogen, potassium, dan fosfor. Homies bisa langsung menuangkan sisa kopi ke tanah atau dikompos terlebih dahulu.

Cara Memanfaatkan Ampas Kopi untuk Tanaman

Jika sebelumnya Homies membuang begitu saja ampas kopi ke tempat sampah atau wastafel, kali ini Homies bisa memanfaatkan semua limbah kopi. Cara ini lebih aman karena ampas kopi yang dibuang ke saluran pembuangan bisa menyebabkan penyumbatan. Serta lebih ramah lingkungan karena mencegah limbah kopi menjadi sampah residu yang terbuang ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir).

Ada sejumlah cara yang bisa Homies lakukan untuk memanfaatkan ampas kopi untuk tanaman. Berikut ini cara-caranya:

Dibuat Menjadi Kompos

Cara teraman memberikan ampas kopi ke tanaman adalah dengan membuat limbah kopi menjadi kompos terlebih dahulu. Kopi bisa mempercepat tahapan dekomposisi. Campurkan limbah kopi dengan sampah dapur lainnya. Ketika membuat kompos Homies menggunakan bahan hijau dan coklat sebanyak 1:1. Ampas kopi termasuk bahan hijau dalam proses pembuatan kompos. Sedangkan untuk bahan coklatnya Homies bisa gunakan sampah organik kering seperti ranting, daun kering, koran, serbuk gergaji, dan juga jerami.

 

Tabur Langsung ke Tanah

Ampas kopi bisa Homies taburkan langsung ke tanah. Namun pastikan tanaman yang akan diberi ampas adalah jenis tanaman yang membutuhkan kandungan asam. Limbah bubuk kopi memiliki kadar pH yang lebih rendah dari pH tanah, yaitu 5,1. Homies bisa berikan langsung ampas kopi ke tanaman bunga azalea, lili, dan mawar. Pohon cranberry, blueberry, dan buah sitrus juga akan tumbuh subur bila diberi ampas kopi. Cara pemberiannya yaitu dengan menebarkan segenggam ampas kopi di dekat akar tanaman saat awal proses bercocok tanam.

Baca juga : 10 Jenis Tanaman Dalam Ruangan, Bagus untuk Kesehatan dan Dekorasi 

Tambahkan Kapur Pertanian

Supaya tingkat keasaman kopi tidak terlalu tinggi Homies bisa menambahkan sedikit kapur pertanian ke tanah. Kapur yang memiliki sifat basa mampu menetralkan tingkat keasaman dari limbah kopi. Kapur pertanian bisa Homies dapatkan di toko bahan pertanian atau toko bangunan.

 

Rendam dengan Air

Cara lain dalam memanfaatkan ampas kopi adalah dengan mencampurkannya dengan air. Masukkan segenggam bubuk kopi ke dalam satu ember air. Kemudian diamkan selama satu hingga dua hari. Nantinya air akan berubah menjadi warna kuning kecoklatan. Setelah itu saring sisa bubuk kopi yang mengendap dan gunakan airnya untuk menyiram tumbuhan.

Mulai kumpulkan ampas dari kopi yang Homies minum setiap hari. Pisahkan ampas dari sampah lainnya dan olah dengan cara-cara yang telah dijelaskan sebelumnya. Nanti Homies akan merasakan manfaat yang besar untuk tanaman-tanaman di rumah. Sebab selain menyuburkan tanaman, ampas kopi juga dapat mengusir hama siput dan menjauhkan kucing dari tanaman hias milik Homies.

Mengetahui kegunaan ampas kopi akan membuat Homies jadi lebih semangat untuk bercocok tanam. Melihat tanaman-tanaman tubuh subur pasti rasanya menyenangkan dan bisa jadi sarana healing untuk Homies di rumah.

Supaya baju Homies tidak cepat kotor sewaktu berkebun, selalu gunakan Celemek. Selain Homies pakai saat memasak Celemek juga bisa dipakai pas bersih-bersih atau bercocok tanam. Celemek akan melindungi baju Homies dari, debu, tanah, dan cipratan air. Homies bisa pilih Celemek lapis plastik dari Dialogue Home. Temukan motif Celemek yang sesuai selera Homies di sini.

~NJ~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *