10 Jenis Tanaman Dalam Ruangan, Bagus untuk Kesehatan dan Dekorasi

Buat rumah jadi lebih sejuk dengan menghadirkan tumbuhan. Homies bisa temukan banyak jenis tanaman dalam ruangan yang bisa jadi dekorasi. Bukan hanya mempercantik ruangan, tumbuhan hidup juga bermanfaat untuk kesehatan.

Orang bilang cara menyegarkan mata adalah dengan melihat tumbuhan hijau. Selain itu tanaman dapat menyaring udara kotor di sekitar. Sehingga tak heran jika rumah yang dipenuhi dengan tanaman terasa lebih sejuk dan adem.

10 Jenis Tanaman Dalam Ruangan

Homies bisa meletakkan tanaman di ruang tamu, ruang keluarga, dapur, dan bisa juga di sudut kamar. Berikut ini 10 jenis tanaman yang dapat Homies taruh di dalam rumah:

Peace Lily

Sumber: freepik.com

Dari namanya Homies bisa mengetahui bahwa tumbuhan ini dapat memberikan ketenangan di dalam rumah. Caranya yaitu dengan menyerap spora jamur sehingga menjaga udara tetap segar. Tumbuhan dengan nama latin Spathiphyllum Wallisii ini memiliki bentuk yang elegan dan netral. Jadi bisa Homies taruh di mana saja, tampilannya tidak akan bertabrakan dengan desain ruangan.

Bamboo Palm

Sumber : freepik.com

Tanaman dengan nama latin Dypsis Lutescens ini cocok buat Homies yang punya hunian dengan konsep tropis. Bamboo Palm atau disebut juga dengan Areca Palm bisa Homies taruh di sudut-sudut ruangan, karena ukurannya yang cukup tinggi. Selain dapat menyegarkan udara di dalam rumah, tanaman ini juga aman buat hewan peliharaan. Serta minim perawatan.

Rosemary

Sumber: freepik.com

Homies selama ini pasti tahunya rosemary adalah salah satu bumbu dapur. Daripada beli daun rosemary kemasan yang sudah kering, lebih baik tanam rosemary di rumah. Homies bisa menanamnya di dalam pot berukuran kecil sampai sedang, lalu taruh di area dapur. Rosemary akan menjadi tanaman hias yang cantik dan rempah dapur yang bisa langsung Homies petik. Rosemary juga punya banyak manfaat untuk kesehatan seperti, meredakan nyeri pada otot, meningkatkan konsentrasi, dan baik untuk memori.

Chrysanthemum

Sumber: freepik.com

Chrysanthemum atau lebih umum dikenal dengan krisan adalah salah satu bunga populer di dunia. Terdiri dari banyak varian warna seperti putih, merah muda, ungu, kuning, dan oranye. Warna bunga yang cerah dan terlihat cantik saat mekar, dapat memperindah ruangan. Homies harus pastikan bunga krisan milikmu mendapatkan air yang cukup dan diletakkan di tempat yang terang. Selain menjadi dekorasi rumah, bunga krisan juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan jika diolah menjadi teh atau obat herbal.

Lavender

Sumber: freepik.com

Sudah banyak orang mengetahui kalau bunga lavender ampuh mengusir nyamuk. Kita sering menemukan produk lotion anti nyamuk ataupun obat nyamuk yang mengandung wangi lavender. Homies bisa coba menaruh bunga lavender di dalam kamar karena selain dapat mengusir nyamuk, bunga yang khas dengan warna ungu ini juga bisa mengatasi insomnia. Aroma lavender bisa menenangkan, mengurangi rasa cemas, sehingga bisa meredakan stress.

Lidah Mertua

Sumber: freepik.com

Tanaman bentuk daun yang khas memanjang ke atas dan terlihat tajam ini, bisa Homies taruh di sudut tertutup di dalam rumah. Sebab Lidah Mertua atau disebut juga Snake Plant, tidak memerlukan sinar matahari langsung. Lidah Mertua bermanfaat untuk menyaring udara dan menjaga Homies dari radiasi elektromagnetik dengan cara menyerapnya.

Baca juga: 6 Rekomendasi Hiasan Meja Makan Minimalis

Lidah Buaya

Sumber: freepik.com

Karena minim perawatan maka lidah buaya cocok jadi tanaman dalam ruangan. Meski tidak memiliki aroma yang wangi, lidah buaya dikatakan dapat menyerap polusi bahan kimia yang berasal dari cairan pembersih atau pengharum ruangan. Selain itu lidah buaya juga bisa Homies gunakan untuk merawat rambut, kulit, dan juga mengobati luka bakar.

English Ivy

Sumber: freepik.com

Homies punya riwayat asma? Coba taruh daun English Ivy di dalam kamar. Daun yang memiliki bentuk hati ini dapat membersihkan udara sehingga bagus untuk penderita asma. Selain itu daun ivy juga bisa meredakan stres dan membantu Homie tidur nyenyak di malam hari.

Lemon Meyer

Sumber: freepik.com

Lemon Meyer bisa menambahkan aroma wangi citrus yang khas di dalam rumah. Selain mengeluarkan wewangian, buah dari pohon ini juga punya rasa yang unik. Itu karena Lemon Meyer merupakan tanaman perpaduan lemon dan jeruk mandarin. Rasanya lebih halus dan lebih manis dari lemon. Lemon meyer bisa Homies taruh di dalam rumah asalkan mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Corn Plant

Sumber : freepik.com

Jika di rumah ada pojok ruang yang kosong, taruh corn plant saja. Tanaman jagung bisa tumbuh setinggi 1 meter lebih. Sudut ruangan yang awalnya kosong jadi terlihat lebih menonjol. Corn plant juga termasuk tumbuhan minim perawatan. Pastikan Homies tidak menaruhnya di area yang mendapatkan sinar matahari langsung dan jangan biarkan tanahnya terlalu basah ataupun terlalu kering.

Itu dia 10 jenis tanaman dalam ruangan yang bagus untuk kesehatan dan dapat menjadi dekorasi tambahan di dalam rumah. Rata-rata tidak membutuhkan perawatan yang intens, jadi akan sangat memudahkan bagi Homies yang masih awam dengan bercocok tanam.
Hal yang perlu Homies pastikan adalah media tanam, pot, air, pupuk, dan sinar matahari. Pilih jenis pot yang memiliki desain estetik dan cocok dengan konsep desain interior rumah. Kemudian saat memindahkan tanaman dari polybag ke dalam pot, sebaiknya Homies mengenakan celemek untuk menjaga agar pakaian Homies tetap bersih.

Selain dipakai saat memasak, Celemek juga bisa Homies kenakan sewaktu berkebun dan bersih-bersih rumah. Pilih jenis celemek yang menggunakan bahan polyester agar mudah dibersihkan. Homies bisa mendapatkan Celemek berbahan polyester di official shop Dialogue Home. Klik di sini dan temukan motif Celemek yang sesuai dengan selera Homies.
~NJ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *