Sedia payung sebelum hujan, segera lakukan berbagai persiapan untuk mengantisipasi musim hujan. Karena selain membawa kesejukan dan membuat tanah subur, hujan juga bisa memicu munculnya penyakit penyerta serta potensi bencana hidrometerologi. Penyakit yang umumnya muncul di musim hujan di antaranya yaitu Demam Berdarah Dengue (DBD), diare, penyakit pencernaan, leptospirosis, penyakit kulit, dan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA). Sedangkan bencana hidrometeorologi yang mungkin terjadi saat musim hujan yaitu banjir, curah hujan ekstrem, angin puting beliung, dan tanah longsor.

Lebih baik Homies segera bersiap sebelum terjadi hal yang tidak diharapkan. Karena sebulan terakhir ini hujan sudah mulai turun walau tidak setiap hari. Nanti saat semakin mendekati puncak musim hujan, intesitas curah hujan akan terus meningkat. Sebelum hal itu terjadi sebaiknya persiapan diri kita agar tetap bisa beraktivitas setiap hari.

7 Persiapan Mengantisipasi Musim Hujan

Pergantian musim memiliki siklusnya sendiri, manusia hanya perlu beradaptasi dengan perubahan cuaca dan iklim. Jika Homies sudah melakukan antisipasi dari awal, hujan bukan jadi halangan atau bencana. Justru sudah seharusnya kita memandang hujan sebagai anugerah yang membawa sumber kehidupan. Bisa membahayakan bila kita abai dalam menjaga kebersihan lingkungan dan kesehatan diri serta melakukan hal-hal yang memicu terjadinya bencana. Berikut ini 7 persiapan yang harus Homies lakukan untuk mengantisipasi datangnya musim hujan:

Sedia Payung dan Jas Hujan

Payung dan jas hujan jadi dua benda penting yang harus Homies bawa kemana-mana. Bagi Homies yang lebih sering menggunakan kendaraan umum atau mobil pribadi cukup dengan membawa payung. Sedangkan untuk Homies yang lebih sering bepergian dengan sepeda motor wajib sedia jas hujan di jok motor atau di dalam tas. Payung dan jas hujan akan menjaga pakaian Homies tetap kering dan mencegah Homies jatuh sakit.

Memakai Pakaian Hangat dan Jaket

Ketika masuk musim hujan suhu akan lebih rendah, angin juga akan terasa lebih dingin. Maka dari itu pastikan Homies menggunakan pakaian yang lebih tebal. Sebaiknya Homies juga selalu membawa jaket untuk menjaga tubuh tetap hangat saat berada di luar ruangan.

 

Mengecek Kondisi Rumah

Hal penting yang perlu Homies lakukan untuk mengantisipasi musim hujan adalah mengecek kondisi rumah. Mulai dari memastikan tidak ada atap yang bocor, pipa pembuangan air atau talang air berfungsi dengan baik dan bersih dari daun-daun kering. Kemudian periksa juga kondisi jendela, retakan pada tembok rumah, rembesan air, dan engsel pintu rumah. Segera perbaiki bila ada kerusakan jangan tunggu musim hujan datang.

 

Membersihkan Selokan

Selain memastikan bangunan rumah dalam kondisi baik periksa juga area lingkungan sekitar rumah. Terutama bagian selokan atau parit yang seringkali penuh dengan sampah. Lakukan kerja bakti bersama keluarga dan tetangga sekitar untuk membersihkan selokan dari sampah. Jika tidak, air hujan akan meluber ke jalan yang akhirnya membuat lingkungan rumah banjir.

Baca juga: Cara Pilah Sampah di Rumah

Menutup Penampungan Air

Menutup penampungan air gunanya untuk mencegah nyamuk yang menyebabkan DBD berkembang biak. Oleh karena itu setiap penampungan air baik itu bak mandi, ember, toren air, harus ditutup jika sudah selesai Homies gunakan. Selain menutup penampungan air Homies juga sebaiknya menguras dan membersihkannya secara berkala.

 

Makan Makanan Bergizi dan Berolahraga

Di samping menjaga lingkungan rumah tetap bersih Homies juga perlu merawat tubuh agar tetap sehat sepanjang musim hujan. Caranya dengan menjaga pola makan gizi seimbang dan rutin berolahraga. Sehingga daya tahan (imun) tubuh meningkat yang membuat Homies terjaga dari bibit penyakit.

 

Membiasakan Diri Membaca Prakiraan Cuaca

Orang-orang di negara lain terbiasa membaca prakiraan cuaca sebelum mulai beraktivitas. Sehingga mereka lebih siap untuk mengantisipasi perubahan cuaca. Homies sebaiknya mulai membiasakan diri untuk melihat prakirakan cuaca setiap hari sebagai langkah mengatisipasi musim hujan. Homies akan tahu di jam berapa dan hari apa hujan akan turun. uga bisa melihat intesitas curah hujan rendah atau tinggi, tingkat suhu, dan kelembapan udara.

Setiap musim memiliki potensi bahanya sendiri yang perlu Homies waspadai. Ketika musim kemarau Homies berhadapan dengan cuaca panas ekstrem, kekeringan, kualitas udara buruk, dan kebakaran. Saat masuk musim hujan Homies harus siaga dengan hujan ekstrem, angin kencang, dan banjir. Hal yang perlu Homies lakukan adalah mempersiapkan diri dan beradapatasi dengan perubahan cuaca.

Namanya juga bersiap tentu harus Homies lakukan sebelumnya. Selagi masih kemarau atau mungkin sekarang sudah masuk musim pancaroba, lakukan 7 persiapan mengantisipasi musim hujan terutama mengecek kondisi ruamh. Homies juga perlu memasang kelambu tidur di dalam kamar untuk menjaga Homies dari gangguan nyamuk selama tidur. Karena setelah masuk musim penghujan nyamuk akan lebih banyak dari biasanya. Homies bisa pilih berbagai macam desain dan warna kelambu di Dialogue Home. Temukan jenis Kelambu yang sesuai dengan selera dan desain interior kamar Homies di sini.

~NJ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *