Kayu manis sering digunakan sebagai bumbu tambahan berbagai olahan makanan. Rempah yang berasal dari kulit batang pohon cinnamon ini memberikan cita rasa dan aroma yang wangi pada hidangan. Namun tahukah Homies ternyata manfaat kayu manis untuk kesehatan sangat banyak. Sejak dahulu orang-orang memakai kayu manis untuk pengobatan. Dalam 7,8gram atau satu sendok makan kayu manis mengandung nutrisi yang beragam. Seperti, karbohidrat, kalsium, serat, lemak, protein, vitamin K, besi, natrium, dan lainnya.

Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan

Terdapat dua jenis kayu manis ada Ceylon Cinnamon dan Cassia Cinnamon. Aroma dan rasa yang khas berasal dari bagian berminyak yang mengandung senyawa cinnamaldehyde. Kandungan ini merupakan bahan aktif yang memberikan manfaat untuk kesehatan. Homies bisa mendapatkan khasiatnya melalui olahan hidangan yang diberi kayu manis atau produk suplemen, ekstrat, juga teh. Berikut ini manfaat-manfaat kayu manis:

Menurunkan Kadar Gula Darah

Kayu manis dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Kandungan dalam rempah yang satu ini bisa memperlambat proses pemecahan karbohidrat di dalam saluran pencernaan. Senyawa pada kayu manis juga mampu meniru efek insulin sehingga mendorong penyerapan gula ke dalam sel. Karena kayu manis termasuk bahan yang mampu meningkakan sensitivitas insulin. Yaitu hormon yang berfungsi mengatur penggunaan energi dan metabolisme tubuh. Sehingga bermanfaat untuk penderita diabetes.

Baca juga: Dessert Terkenal dari Negara Lain, Bikin Yuk Moms!

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Selain bagus untuk orang yang memiliki riwayat diabetes, kayu manis juga berkhasiat untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Mengonsumsi tiga perempat sendok teh kayu manis setiap hari dapat menurunkan kadar kolesterol LDL, kolesterol total, dan kadar trigliserida yang merupakan faktor pendorong risiko penyakit jantung.

Bermanfaat untuk Kesehatan Kulit

Senyawa dalam kayu manis memiliki sifat antimikroba dan antibiotik. Keduanya bisa bantu melindungi kesehatan kulit Homies. Menjaga dari risiko iritasi, reaksi alergi, ruam, dan infeksi kulit. Cara menggunakannya dengan mengonsumsi olahan makanan berbahan kayu manis atau langsung mengoleskannya di atas kulit. Homies bisa mencampur kayu manis dengan bahan lain. Seperti mencampur kayu manis dengan madu, berkhasiat untuk mengatasi alergi, jerawat, dan rosacea. Homies juga bisa mengoleskan kayu manis dalam bentuk minyak esensial untuk mengurangi pembengkakan, nyeri, peradangan, dan kemerahan.

Mengurangi Risiko Kanker

Dalam penelitian-penelitian yang sudah ada, ditemukan bahwa senyawa cinnamaldehyde dalam kayu manis dapat menghalangi protein tertentu yang membantu pertumbuhan kanker. Kayu manis diketahui mampu menghambat pertumbuhan sel kanker, pembentukan pembuluh darah pada tumor, dan mematikan sel kanker. Namun hal ini masih dalam penelitian lebih lanjut untuk memastikan khasiat kayu manis terhadap penyakit kanker benar-benar optimal atau tidak. Meski begitu sebaiknya Homies tetap mengonsumsi kayu manis untuk mengurangi risiko kanker.

Selain lima manfaat di atas, kayu manis juga dapat menetralkan radikal bebas dan bagus untuk kesehatan otak. Kayu manis bisa Homies temukan dengan mudah di pasaran. Olah kayu manis menjadi makanan, minuman, ataupun kue yang lezat. Misalnya membuat roti cinnamon roll untuk sarapan atau jadi kudapan bersama teh. Untuk mendapatkan cinnamon roll yang renyah dan mengembang Homies perlu menggunakan oven. Pastikan Homies memakai Cempal Tangan yang cukup tebal setiap kali menggunakan oven di dapur. Agar menjaga tangan Homies dari panas dan risiko luka bakar. Temukan Cempal tangan dan Kotak berkualitas di Dialogue Home. Klik di sini untuk temukan desain dan motif cempal yang cocok untuk dapur Homies.

~NJ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *