Uncategorized

Tips Membuat Rumah Jadi Ramah Anak

Setelah ada Si Kecil suasana di rumah jadi berbeda ya Moms. Jadi lebih ramai, hangat, lebih penuh cinta. Namun ada anak kecil di rumah juga kerap bikin khawatir dengan keamanan dan kenyamanan mereka di rumah. Oleh karena itu penting banget untuk kembali menata rumah agar lebih kids friendly atau ramah anak, dengan menghindarkan beberapa hal yang cukup berbahaya bagi pergerakan mereka. Dialogue Home akan kasih tips membuat rumah jadi ramah anak.

1. Tambah pengaman pada ujung furnitur yang tajam

Sebaiknya pilih furniture dengan tepian atau ujung yang membulat untuk interior kamar anak. Sedangkan untuk area lain yang sudah terlanjur dibeli sebelum mempunyai anak, Moms bisa mengakalinya dengan memberikan karet pengaman. Hal ini bertujuan agar bagian ujung furnitur yang tajam tidak melukai tubuh Si Kecil. Untungnya sekarang karet pengaman furniture sudah banyak di toko peralatan rumah tangga maupun e-commerce.

2. Hindarkan lantai licin

Agar lantai tidak licin dan tidak membuat Si Kecil mudah terjatuh, Moms bisa menambahkan karpet di area tempat anak bermain, terutama di kamarnya ya Moms. Saat Moms sedang mengepel rumah, pastikan lantai kering dulu ya sebelum kembali meletakkan anak di lantai.

3. Maksimalkan ruang penyimpanan

Beruntunglah kalau Moms sudah membuat banyak tempat penyimpanan di rumah, karena sangat membantu jika sudah punya anak. Karena ternyata keperluan Si Kecil ada banyak sekali lho Moms, dengan adanya tempat penyimpanan rumah jadi lebih rapih dan nyaman. Selain itu storage-storage ini juga berguna sebagai tempat untuk menyimpan barang pecah belah, benda tajam, dan juga benda berbahaya bagi anak. Jangan lupa kunci tempat atau laci penyimpanan agar tidak mudah dibuka oleh Si Kecil.

4. Tambahkan railing pada pintu atau tangga

Menambahkan railing pada pintu maupun tangga juga perlu jika Moms telah mempunyai anak. Rasa keingintahuan Si Kecil yang begitu besar membuatnya mudah berjalan dan berlari kesana-kemari, mungkin dia mau turun ke bawah tangga atau pergi ke luar rumah. Nah agar lebih aman tambahkan railing ya Moms.

5. Berikan pengaman pada listrik

Pastikan Si Kecil jauh dari listrik ya Moms. Sebisa mungkin tutupi stop kontak dengan furniture atau letakkan di tempat yang tinggi agar anak tidak bisa menggapainya. Namun jika stop kontak terlanjur ada di area yang terbuka, coba tutupi dengan alat pengaman listrik yang juga sudah banyak dijual di pasaran.

Itulah beberapa tips membuat rumah jadi ramah anak. Dengan rumah yang ramah anak, kita sebagai orangtua pun akan lebih merasa aman dan tenang saat bermain dengan Si Kecil di rumah.- LDK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.