Uncategorized

Memasak Makin Mudah dan Cepat dengan Food Preparation

Memasak itu menyenangkan, namun proses persiapannya yang cukup lama bikin rasa malas muncul saat akan memasak. Bener nggak Moms? Untungnya sekarang kita sudah mengenal Food Preparation, suatu konsep persiapan memasak dengan menyiapkan sekaligus banyak bahan dalam satu kali waktu. Intinya, memasak makin mudah dan cepat dengan food preparation. Kita jadi tidak bingung lagi masak apa besok, tidak ada bahan yang tertinggal, juga bisa lebih menghemat uang belanja lho Moms.

Nah apa saja sih yang perlu dilakukan saat food preparation? Ini dia beberapa di antaranya ya Moms.

1. Menyusun menu masakan

Pertama kali yang harus dilakukan adalah menyusun menu masakan sehari-hari dalam jangka waktu tertentu. Paling mudah susun menunya perminggu Moms. Tulis dengan detail menu masakan dalam satu hari, mulai dari sarapan, makan siang, dan makan malam. Moms bisa tulis di buku jurnal atau kertas seadanya dan bisa ditempel di dapur sebagai pengingat. Setelah mengetahui detail menunya, Moms jadi bisa menentukan harus beli bahan masakan apa saja

2. Belanja bahan masakan

Nah setelah menyusun menu, waktunya belanja bahan masakan. Catat dengan teliti bahan-bahan masakan saat mau belanja agar tidak ada yang kelupaaan ya Moms. Jangan lupa untuk menghitung porsi yang akan sesuai dengan jumlah keluarga. Mungkin Moms akan kaget karena jumlah nominalnya jadi cukup besar. Hihihi tenang ya Moms, belanja ini untuk masakan selama seminggu kok. Selalu sesuaikan dengan budget keluarga ya Moms.

3. Siapkan wadah penyimpanan

Salah satu hal penting dalam food preparation adalah wadah penyimpanan. Pilih wadah bahan yang awet, aman, dan kalau bisa kedap udara ya. Sebelum pemakaian, cuci hingga bersih dan keringkan terlebih dahulu wadahnya ya Moms, karena sisa air bisa menyebabkan wadah menjadi bau dan bahan makanan menjadi lebih mudah basi.

4. Simpan bahan makanan dalam wadah

Setelah wadah penyimpanan sudah tersedia, mulailah beralih ke proses penyimpanan. Moms bisa memotong-motong dan mencuci bahan-bahan terlebih dahulu, jadi nanti saat masak tinggal ambil-ambil aja Moms. Bisa juga cara simpan bahan masakannya sesuai dengan porsi per hari ya jadi lebih mudah nantinya. Banyak browsing dan cari tahu lebih lanjut tentang berbagai cara penyimpanan bahan masakan agar lebih tahan lama. Misalnya penggunaan tisu dapur sebagai alas wadah, atau menambahkan bawang putih di tempat penyimpanan cabe. Oiya, tuliskan juga tanggal penyimpanannya ya.

5. Susun rapi dalam kulkas

Tahap terakhir, susun wadah-wadah penyimpanan tersebut dengan rapi dalam kulkas. Untuk daging-dagingan langsung simpan dalam freezer ya. Sedangkan untuk sayur dan buah bisa disimpan di chiller saja.

Proses food preparation mungkin akan melelahkan di awal Moms, tapi setelahnya memasak akan menjadi lebih mudah dan cepat. Pelan-pelan saja melakukannya, nanti pasti akan terbiasa.- LDK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.