Ketahui 8 Etika Saat Bertamu

Sebelum mengunjungi rumah saudara dan teman, ketahui dulu apa saja etika saat bertamu. Supaya pemilik rumah merasa dihormati dan nyaman. Homies juga jadi tidak sungkan untuk berkunjung lagi di lain waktu.

Dalam masyarakat ada norma dan etika tak tertulis yang wajib kita ikuti. Sebagian aturan Homies dapatkan di sekolah dan keluarga. Sebagian yang lain mungkin baru Homies ketahui saat berinteraksi dengan tetangga dan teman. Karena seringkali perbedaan budaya membuat norma bertamu jadi tidak sama.

8 Etika Saat Bertamu

Meski kebiasaan-kebiasaan yang dianggap sopan dalam bertamu bisa saja berbeda di setiap daerah, namun ada beberapa aturan umum yang perlu Homies tahu. Berikut ini 8 etika bertamu yang harus Homies ketahui dan lakukan:

Memberitahu Pemilik Rumah Sebelum Datang

Masyarakat Indonesia pada umumnya memiliki kebiasaan untuk tidak memberitahu penghuni rumah saat akan bertamu. Alasannya karena tidak ingin merepotkan pemilik rumah. Jika Homies memberitahu dulu khawatirnya pemilik rumah jadi harus menyiapkan makanan dan lain sebagainya.

Namun pemikiran seperti ini perlahan-lahan mulai berubah. Pemilik rumah akan merasa lebih nyaman bila tamu memberitahu rencananya untuk datang. Maka dari itu sebaiknya Homies hubungi dulu si pemilik rumah. Lalu tanyakan apakah di tanggal dan jam tertentu Homies bisa datang ke rumahnya atau tidak.

Datang Tepat Waktu

Setelah Homies dan pemilik rumah menetapkan hari dan waktu, pastikan Homies datang tepat waktu. Karena bisa jadi pemilik rumah memiliki agenda atau rencana lain di hari itu. Sehingga ia hanya punya waktu sesuai janji yang disepakati dengan Homies.

Mengetuk Pintu dengan Pelan

Ketika sampai di depan rumah teman atau saudara, ucapkan salam sambil mengetuk pintu atau memencet bel. Pastikan Homies tidak mengetuk pintu rumah terlalu kencang dan ketuklah sebanyak tiga kali. Hal ini juga berlaku untuk bel rumah. Lagipula pemilik rumah sudah tahu Homies akan datang. Jadi tujuan mengetuk pintu atau memencet bel hanya untuk memberitahu penghuni rumah bahwa Homies sudah sampai.

Baca juga : 7 Inspirasi Partisi Ruang Tamu

Tidak Mengintip ke Dalam Rumah

Etika saat bertamu yang banyak tidak diketahui adalah larangan mengintip ke dalam rumah orang. Ketika Homies mengetuk rumah orang lain, terkadang penghuni rumah tidak langsung keluar. Mungkin karena ketukan pintu dan ucapan salam dari Homies tidak terdengar. Lalu Homies mencoba mengintip dari jendela, untuk mengecek apakah ada orang yang mendekat ke pintu atau tidak.

Ternyata kebiasaan mengintip ke jendela rumah orang lain adalah tindakan yang tidak sopan. Karena dinilai tidak beradab dan takut menimbulkan kesalahpahaman. Jadi mulai sekarang tahan diri untuk tidak mengintip ke jendela dan cukup tunggu saja sampai pemilik rumahnya keluar.

Masuk Saat Dipersilakan

Setelah penghuni rumah keluar menyambut Homies, pastikan Homies masuk ke dalam rumah setelah pemilik rumah mempersilakan. Homies juga tidak boleh langsung masuk tanpa mengetuk pintu atau memencet bel. Meskipun Homies sudah akrab dengan pemilik rumah atau berkunjung ke rumah saudara dekat.

Menjaga Sopan Santun

Tetap menjaga sopan santun selama bertamu. Duduk dengan posisi yang baik. Tidak berjalan-jalan seenaknya, sekalipun pemilik rumah mempersilakan Homies. Menahan diri untuk tidak mengomentari isi rumah dan interior ruangan. Berbicara dengan suara yang jelas tidak terlalu pelan ataupun keras. Selain itu makan dan minum secukupnya saja.

Tidak Sembarangan Memegang Barang

Tidak sembarangan memegang barang di dalam rumah juga termasuk etika saat bertamu yang wajib Homies ingat. Seringkali mata kita berkeliling melihat barang-barang di ruang tamu. Mulai dari dekorasi, foto-foto, dan hiasan. Namun jangan sampai Homies sembarangan memegang barang. Bisa jadi tuan rumah tidak suka barang-barang miliknya dipegang. Cobalah untuk meminta izin dulu atau puji koleksi dari pemilik rumah untuk melihat reaksinya.

Tidak Berlama-lama

Sampaikan tujuan Homies datang dan langsung pulang jika sudah selesai. Jangan sampai Homies berlama-lama, meskipun tuan rumah terlihat senang Homies datang. Karena penghuni rumah mungkin ada agenda lain atau ingin beristirahat. Jadi buatlah batasan waktu sendiri saat bertamu.

Saling berkunjung akan mempererat hubungan antara Homies dengan teman, kerabat, dan saudara. Pemilik rumah pun pasti merasa senang saat Homies datang ke kediaman mereka. Apalagi jika Homies sudah lama tidak bertemu dengan mereka. Namun sedekat dan seakrab apapun, Homies tetap harus jaga etika saat bertamu.

Selain delapan etika bertamu di atas, ada satu etika tambahan yang bisa Homies lakukan. Yaitu membawa bingkisan untuk Homies berikan ke pemilik rumah. Hadiahnya bisa apapun, asalkan bermanfaat.

Selain makanan Homies bisa berikan barang unik yang bermanfaat, misalnya satu set perlengkapan dapur dengan warna senada. Seperti Cempal, Celemek, Serbet Gantung, dan masih banyak lagi. Homies bisa dapatkan set perlengkapan dapur dan perabot rumah tangga lainnya di Dialogue Home. Temukan berbagai series menarik dari Dialogue Home untuk jadi bingkisan hadiah saat bertamu.

~NJ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *